Thursday, September 13, 2012

Back Panel (panel belakang ) pada PC/Komputer





Mengenal socket-socket pada pada panel belakang (back panel) pada CPU/Komputer

Ada beberapa socket yang terdapat di panel bagian belakang antara lain :
*Socket Listrik AC pada power supply/PSU
*Socket ps/2 mouse & socket ps/2 keyboard
*Socket Serial COM port
*Socket Parallel port
*Socket VGA port
*Socket USB port
*Socket Ethernet LAN port
*Socket Port Audio 
*Socket  IEEE 1394 port ( tidak semua mesin memiliki socket ini )
*Socket Coaxial S/PDIF port ( tidak semua mesin memiliki socket ini )



Kegunaan-kegunaan dari masing-masing socket :

*Socket ps/2 keyboard
 Konektor berwarna ungu 6 pin ini adalah socket untuk colokan Keyboard
   *Socket ps/2 Mouse
 Konektor berwarna hijau 6 pin ini adalah socket untuk colokan Mouse



*Socket Serial COM port
Serial Port merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2.


*Socket Parallel port
 Parallel port merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port seri. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port. Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams, Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu, port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

 *Socket VGA port
Soket VGA adalah port pada komputer, biasanya ditemukan di motherboard atau kartu video pada motherboard, yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat yang menampilkan video. Teknologi VGA pernah menjadi standar untuk koneksi video komputer, namun karena keterbatasan kualitas gambar telah menyebabkan sejumlah standar lain sedang dikembangkan yang masih terus memanfaatkan koneksi fisik VGA.
Sebuah soket VGA biasanya berwarna biru dan memiliki koneksi port 15 pin tempat memasukkan kabel VGA yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke monitor. Video Graphics Array (VGA) pernah menjadi standar untuk menampilkan grafis komputer, dan tidak hanya mengacu pada standar itu sendiri, tetapi juga ke soket VGA dan kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat menggunakan standar
Ada sejumlah keuntungan teknologi standar ini dari standar sebelumnya, salah satunya adalah kualitas tampilan gambar. Standar VGA mampu menampilkan pada resolusi 800×600, ini masih rendah bila dibandingkan dengan standar yang datang setelah itu, tetapi lebih tinggi dari resolusi sebelumnya. Standar ini juga dapat menampilkan 256 warna, jauh lebih besar daripada standar sebelumnya yang sering ditampilkan hanya 64 warna. VGA standar masih digunakan oleh perangkat portabel dan komputer lama.
*Socket USB port
Port USB adalah hubungan serial antara periferal
dengan komputer. Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scenner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke
komputer kita. Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika dibandingkan dengan parallel port dan serial port, penggunaan port USB lebih mudah dalam penggunaannya. Konektivitas antara PC (Personal Computer) dengan perangkat USB dihubungkan dengan kabel khusus. Sebuah kabel berisi empat buah kawat menghubungkan periferal ke PC melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani transmisi data, sebuah lagi menangani ground dan sebuah lagi memasok daya sebesar lima volt ke peripheral.
 

*Socket Ethernet LAN port
RJ-45 Port,Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat
 Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN)
Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer.
Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet.
 

*Socket Port Audio
 Socket ini berfungsi sebagai perangkat audio pada komputer/PC.Pada mesin standart terdiri dari tiga colokan,masing-masing colokan /soket tersebut berwarna hijau yang berfungsi sebagai audio output (mengeluarkan suara/audio),colokan berwarna merah untuk Input line Mic,colokan berwarna merah untuk audio line in ( memasukkan suara/audio dari luar komputer/PC )

Lebih jelasnya tentang prouk ini klik disini
Solusi kesehatan untuk terapi
Detoksifikasi Kanker Anemia Jantung Diabetes Obesitas
Menghilangkan bau Menyembuhkan luka Infeksi,bakteri, virus, kuman

0 comments: